DULANG Ciri Khas LOMBOK

Baru - baru ini disalah satu kota di lombok tepatnya Kabupaten Lombok Timur udah merayakan hari jadinya yang ke - 124. Dalam acara ini dikemas dengan sangat menarik. Yang menjadi sorotan media adalag parade Dulang dengan penutup tebolak merah yang di isi dengan makanan khas Lombok.


Dulang dalam bahasa Lombok merupakan Sebuah sesajian dari masyarakat yang dibawa secara sukarela disajikan untuk tamu atau (temue) yang sipatnya sebagai jamuan sebagai hidangan husus. Dulang ini dibuat dari kuningan yang isinya makanan khas lombok seperti nasi, lauk pauk dan buah buahan, makann ini nantinya dimakan secara bersamaan dalam istilah lombok dikenal dengan nama begibung.
Dulang ini sering disajikan oleh masyarakat dalam acara - acara tertentu seperti lebaran, maulid nabi dan acara islmai lainnya dan acara hari - hari besar nasional dan budaya adat istiadat. Menariknya adalah Dulang Ini menjadi ciri khas lombok gumi selaparang.



Dulang ini selain diisi dengan makanan khas lombok juga di tutupi dengan tembolak. Tembolak ini terbuat bukan dari bahan plastik melainkan dari limbah bambu. Edang - edang bambu di buat menjadi tembolak kemudian diberikan cat pearna merah supaya kelihatan indah. Desa Peresak kec. Sakra Kab Lombok Timur merupak desa dengan sentra pengrajin tembolak. Jika temen semua berminat bisa berkunjung kesana untuk melihat langsung pembuatan tembolak ini. Tidak sulit ditemuka, tembolak sudah dipasarkan di seluruh pasar tradisional yang ada di Lombok.

Related Posts:

0 Response to "DULANG Ciri Khas LOMBOK"

Post a Comment