CARA BELAJAR BERBICARA DI DEPAN UMUM


Semua orang pasti pernah melakukan yang namanya berbicara di depan umum entah itu presentasi, pidato, wawancara atau yang lainnya. Tetapi apakah menurut anda public speaking itu sulit?? public speaking itu hal yang menakutkan??

Kalau anda berpikir kalau berbicara di depan umum itu sulit maka hal itu akan menjadi benar2 sulit. Jangan beranggapan public speaking itu hal yang sulit dan menakutkan, tetapi anggaplah itu hal yang menantang untuk dihadapi. Karena segala sesuatu yang akan kita lakukan bermula dari apa yang kita pikirkan,, jadi ayo pikirkan segala sesuatu dengan pikiran yang positif!


Jangan beranggapan bahwa kemampuan berbicara di depan umum adalah bakat alam. Ada orang yang memang berbakat dan ada orang yang tidak berbakat. Tetapi sebenarnya, banyak pembicara hebat yang sebelumnya takut berbicara di depan umum. Mereka menjadi hebat karena belajar serius, mengamati pembicara sukses, mencobanya, dan belajar dari kegagalan maupun keberhasilan. Jadi bisa diartikan kalau ingin menjadi pembicara yang handal kita harus belajar.
Ok saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar berbicara di depan umum

1. Yakin kalau kita bisa
Jadi yakinkan pada diri kita kalau kita itu bisa. Jangan berpikiran negatif dulu, apa nanti akan berhasil ya? apa kah nanti akan berjalan lancar ya? apakah nanti saya bisa ya? Hilangkan pikiran2 negatif itu, jangan pernah membayangkan sesuatu dari kegagalanya tetapi bayangkan sesuatu dari keberhasilannya dan selalu optimis. Ubah pandangan negatif itu menjadi pikiran positif seperti berpikir kalau nanti anda bisa melakukan hal tersebut dengan baik, akan mendapatkan tepuk tangan, penghargaan, pengakuan. Dan jadikan hal itu sebagai semangat untuk melakukan suatu hal. Jangan pernah ragu2 untuk berbicara di depan umum, tampilah seyakin mungkin dan jangan takut untuk gagal. Lakukan saja yang kita bisa dan jangan lupa bawakan saja dengan santai dan dengan hati yang senang, sebisa mungkin tumbuhkan rasa bahagia saat kita melakukan apapun juga. Dengan begitu apapun hasilnya tidak akan membuat kita jatuh karena kita senang melakukannya.

So tetaplah yakin dengan kemampuan diri kita dan jangan pernah memandang rendah diri kita sendiri. Tetaplah optimis kalau kita punya tekad dan juga mau berusaha tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

2. Rajin berlatih 
Berlatih adalah hal yang sangat penting. Karena tidak ada alit yang hebat tanpa berlatih. Jadi kalau anda ingin bisa berbicara di depan umum dengan baik maka berlatihlah sesering mungkin, karena ada yang bilang"practice make perfect".
Mulai sekarang belajarlah di depan cermin untuk berbicara di depan umum. Berpura2lah seperti anda seorang reporter yang sedang menyampaikan berita, atau seorang pengamat politik yang sedang mengomentari pemimpin dan pejabat negeri ini. Biasakan diri kita untuk bisa berbicara dengan lancar dan juga jelas. Asah terus kemampuan bicara kita tadi dan tetap melakukannya dengan semangat dan yakin dengan kemampuan yang kita miliki. Anda bisa meniru gaya orang lain dalam berbicara atau meniru kata2nya, yang penting bisa membuat kita lebih bersemangat.

3. Paksakan untuk praktek

4. Banyak membaca dan menambah pengetahuan
5. Selalu merencanakan dan juga membuat persiapan sebelum bertindak
Dalam proses belajar bicara di depan umum pun kita juga harus punya strategi yang jelas agar dari proses belajar tadi kita bisa mendapat manfaat yang maksimal. Misalnya selalu menyiapkan materi dan banyak membaca sebelum belajar berbicara, berlatih pokok pembicaraan yang berbeda dari sebelumnya dan juga menambah porsi latihan dari waktu ke waktu. Denagn begitu kita akan lebih biasa untuk berbicara di depan umum dengan persiapan yang matang sehingga menunjang performa kita.


Ada orang yang bilang "orang bisa karena biasa". Jadi kalau kita ingin berbicara di depan umum dengan baik, maka biasakan diri kita untuk melakukannya. Kalau kita melihat orang2 yang ahli dalam berbicara dan juga tampil dengan baik itu karena mereka punya jam terbang yang lama. Karena mereka sudah sering tampil untuk berbicara di depan umum dan memiliki banyak pengalaman.
Jadi untuk menambah pengalaman kita itu, mari kita paksakan diri kita untuk mencoba praktek berbicara di depan umum. Semakin sering kita tampil maka akan semakin banyak pengalaman yang di dapat dan juga akan membuat kita terbiasa melakukannya.

Sering2lah membaca tentang suatu masalah atau materi dan juga terus mencari informasi dan hal2 baru untuk menambah pengetahuan kita. Dengan begitu akan semakin banyak hal yang bisa kita bicarakan dan juga beritahukan kepada orang lain. Dan dengan membaca dan mencari informasi baru itu akan bisa memberi banyak pelajaran hidup pada kita. Akan membuat kita menjadi tahu akan suatu hal, membuat kita semakin termotivasi, membuat kita untuk bersemangat melakukan suatu hal. Misalnya saja dengan membaca blog saya ini hahahaha. Semakin banyak wawasan yang kita miliki maka akan semakin berbobot dan juga bermateri apa yang kita bicarakan dan juga kita tidak akan kehabisan akal untuk berbicara.

Berbicara di depan umum itu bukan hal yang sulit bila kita sudah punya rencana yang matang dan juga persiapan yang memadai untuk melakukannya. Untuk itu cobalah selalu terencana dalam melakukan segala hal dan menyiapkan strategi2 yang akan dilakukan agar tujuan bisa tercapai. Jadi maksudnya untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik kita tentu harus membuat suatu strategi yang baik, misalnya tampil dengan rapi dan meyakinkan, selalu rajin membaca dan berlatih membangun percaya diri.


Related Posts:

0 Response to "CARA BELAJAR BERBICARA DI DEPAN UMUM"

Post a Comment